Wednesday, November 12, 2014

Cara Merumuskan Tujuan Pembelajaran yang Baik

Segala bentuk rancangan tujuan dapat membantu kita memfokuskan pikiran dan tindakan kita dalam menjalani kehidupan. Tujuan-tujuan ini bisa disebut dengan istilah-istilah lain, diantaranya aim, objectives outcomes, purpose, goals, dan mission.


Hierarki beberapa jenis tujuan berupa Objectives, Goals, dan Mission yang ada dalam literatur asesmen (sumber: UCONN Education)


 Perbedaan mendasar pada Outcomes, Goals dan Mission (sumber: UCONN Education)

Ketercapaian tujuan hanya dapat diukur jika memang memungkinkan untuk dapat diukur (measurable) Hal mendasar inilah yang menjadi perbedaan cara menggunakan istilah tujuan yang benar. 
Contoh kelemahan spesifikasi penggunaan istilah Goals dalam merumuskan tujuan (adaptasi dari UCONN Education)

Dalam banyak hal istilah Goals terlalu luas dan abstrak dalam mengukur hasil ketercapaian tujuan, maka dirasa sangat penting jika kita dapat mengubah bahasa Goals menjadi sejumlah tujuan belajar konkrit siswa yang dapat diukur, yaitu Objectives Outcome. Dalam bidang pendidikan khususnya, kita akan menggunakan istilah objective (tujuan) untuk menyebut hasil belajar siswa yang telah direncanakan dengan sengaja. Tujuan-tujuan yang dirumuskan akan mengarah pada pertanyaan utama “What should students know, understanding, and be able to do?” (Apa yang harus diketahui, dipahami, dan dapat dilakukan oleh siswa?) (Wiggins & Mc Tighe, 2005). Tujuan sangat penting dalam pengajaran,  sebab pengajaran merupakan tindakan yang disengaja dan beralasan (Anderson & Krathwohl, 2001).

Berikut hal-hal penting yang harus diketahui guru terkait asesmen (Popham, 2011):
  1. Asesmen dapat mendiagnosis kekuatan dan kelemahan siswa,
  2. Asesmen dapat memonitoring perkembangan siswa,
  3. Melalui asesmen guru dapat menetapkan nilai siswa,
  4. Melalui asesmen dapat diketahui efektivitas pembelajaran,
  5. Asesmen dapat menciptakan persepsi publik mengenai efektivitas pembelajaran,
  6. Asesmen dapat digunakan untuk mengevaluasi guru,
  7. Asesmen dapat mengklarifikasi tujuan pembelajaran guru.

Sebelum kita memulai bahasan bagaimana cara merumuskan tujuan pembelajaran yang baik, ada empat pertanyaan menyangkut masalah pendidikan, pengajaran,dan proses belajar yang menjadi dasar pijakan kita dalam merumuskan pembelajaran dalam sebuah taksonomi, diantaranya (Anderson & Krathwohl, 2001):
1.  Pertanyaan tentang tujuan pembelajaran: “Apa yang perlu dipelajari oleh siswa dari belajar di sekolah dan ruang kelas dalam waktu yang terbatas?”.
2. Pertanyaan tentang aktivitas: “ Bagaimanakah rencana dan pelaksanaan pembelajaran yang dapat menghasilkan level-level belajar yang tinggi bagi banyak siswa?”.
3. Pertanyaan tentang Asesmen: “Bagaimanakah guru memilih atau merancang instrumen-instrumen dan prosedur-prosedur asesmen yang meghasilkan informasi akurat mengenai seberapa bagus hasil belajar siswa?”.
4.  Pertanyaan tentang interelasi semua komponen pembelajaran: “Bagaimanakah guru yakin bahwa tujuan, aktivitas pembelajaran, dan asesmennya saling bersesuaian?

Tujuan pembelajaran dapat merefleksikan tingkatan belajar, yaitu penguasaan (mastery) dan pengembangan (development) pengetahuan. Penguasaan pengetahuan  umumnya fokus pada hal esensial yang harus dikuasai siswa agar dapat melanjutkan level pembelajaran selanjutnya. Sementara Pengembangan terfokus pada hasil pembelajaran yang lebih kompleks dimana siswa diharpkan dapat menerapkan pengetahuan yang mereka miliki pada berbagai tingkatan yang berbeda.


Taksonomi merupakan sebuah kerangka pikir khusus. Dalam pendidikan khususnya, taksonomi dapat digunakan pengajar dalam membuat rumusan tujuan, aktivitas, dan asesmen pembelajaran. Taksonomi yang dikembangkan oleh Bloom sekitar 50 tahun yang lalu  (unrevisied vesion) hanya memuat satu dimensi pengetahuan saja, yaitu proses kognitif, yang terdiri dari Pengetahuan, Pemahaman, Aplikasi, Analisis, Sintesis, dan Evaluasi. Sedangkan pada taksonomi Bloom revisi yang dikembangkan oleh Anderson (2001) memuat dua dimensi pengetahuan, yaitu dimensi proses kognitif dan dimensi pengetahuan. Dimensi proses kognitif terdiri dari Mengingat, Memahami, Mengaplikasi, Menganalisis, Mengevaluasi, dan Mencipta. Sementara dimensi pengetahuan terdiri dari Pengetahuan Faktual, Pengetahuan Konseptual, Pengetahuan Prosedural, dan Pengetahuan Metakognitif. Interelasi kedua dimensi ini kemudian kita sebuat dengan taksonomi Anderson.

Interelasi kognitif taksonomi Anderson (2001)

Kategorisasi proses kognitif dan dimensi pengetahuan pada Taksonomi Anderson (2001)

Enam proses kognitif yang terdapat dalam taksonomi Anderson dapat membantu guru untuk merumuskan tujuan pembelajaran. Berikut kategori-kategori dalam dimensi proses kognitif:
1.    Mengingat
Mengingat merupakan menarik kembali informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang. Mengingat merupakan proses kognitif yang paling rendah tingkatannya. Untuk mengkondisikan agar “mengingat” bisa menjadi bagian belajar bermakna, tugas mengingat hendaknya selalu dikaitkan dengan aspek pengetahuan yang lebih luas dan bukan sebagai suatu yang lepas dan terisolasi. Kategori ini mencakup dua macam proses kognitif: mengenali (recognizing) dan mengingat (recalling).
1.1 Mengenali (Recognizing): mencakup proses kognitif untuk menarik kembali
informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang agar dapat membandingkan dengan informasi yang baru. Contoh: siswa dapat menyebutkan nama alat ukur yang dapat digunakan untuk mengukur diameter kelereng.
1.2 Mengingat (Recalling): menarik kembali informasi yang tersimpan dalam memori jangka panjang dengan menggunakan petunjuk yang ada. Contoh: Pada saat disajikan mendefinisikan bunyi Hukum Newton II.
2.    Memahami
Mengkonstruk makna atau pengertian berdasarkan pengetahuan awal yang dimiliki, atau mengintegrasikan pengetahuan yang baru ke dalam skema yang telah ada dalam pemikiran siswa. Kategori memahami mencakup tujuh proses kognitif: menafsirkan (interpreting), memberikan contoh (exemplifying), mengkelasifikasikan (classifying), meringkas (summarizing), menarik inferensi (inferring), membandingkan (comparing), dan menjelaskan (explaining).
2.1 Menafsirkan (Interpreting): Menafsirkan dapat dengan mengubah dari satu bentuk informasi ke bentuk informasi yang lainnya, misalnya dari dari kata-kata ke grafik atau gambar, atau sebaliknya, dari kata-kata ke angka, atau sebaliknya, maupun dari kata-kata ke kata-kata, misalnya meringkas atau membuat parafrase. Contoh: Membuat grafik berdasarkan data  percobaan.
2.2 Memberikan contoh (Exemplifying): Memberikan contoh menuntut kemampuan mengidentifikasi ciri khas suatu konsep dan selanjutnya menggunakan ciri tersebut untuk membuat contoh. Contoh: Siswa dapat memberikan contoh benda-benda yang mengalami perlambatan.
2.3 Mengklasifikasikan (Classifying): Mengenali bahwa sesuatu (benda atau fenomena) masuk dalam kategori tertentu. Termasuk dalam kemampuan mengkelasifikasikan adalah mengenali ciri-ciri yang dimiliki suatu benda atau fenomena. Contoh: pada saat disajikan beberapa grafik kinematika, siswa diminta menentukan jenis gerak yang sesuai.
2.4 Meringkas (Summarizing): membuat suatu pernyataan yang mewakili seluruh informasi atau membuat suatu abstrak dari sebuat tulisan. Meringkas menuntut siswa untuk memilih inti dari suatu informasi dan meringkasnya. Contoh: Meringkas sebuah laporan penelitian terbaru mengenai hukum kekekalan energi mekanik.
2.5 Menarik inferensi (Inferring): menemukan suatu pola dari sederetan contoh atau fakta. Contoh: memprediksikan perkembangan suatu populasi dalam sebuah komunitas berdasarkan data perkembangan populasi selama 10 tahun terakhir.
2.6 Membandingkan (Comparing): mendeteksi persamaan dan perbedaan yang dimiliki dua obyek atau lebih. Contoh: membandingkan Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Melingkar Beraturan (GMB).
2.7 Menjelaskan (Explaining): mengkonstruk dan menggunakan model sebab-akibat dalam suatu system. Contoh: menjelaskan penggunaan lampu pijar pada siang hari akan mengurasi efisiensi energi.
3.    Mengaplikasikan
Mengaplikasikan mencakup penggunaan suatu prosedur guna menyelesaikan masalah atau mengerjakan tugas. Oleh karena itu mengaplikasikan berkaitan erat dengan pengetahuan prosedural. Namun tidak berarti bahwa kategori ini hanya sesuai untuk pengetahuan prosedural saja. Kategori ini mencakup dua macam proses kognitif: menjalankan (executing) dan mengimplementasikan (implementing).
3.1 Menjalankan (Executing): menjalankan suatu prosedur rutin yang telah dipelajari sebelumnya. Langkah-langkah yang diperlukan sudah tertentu dan juga dalam urutan tertentu. Apabila langkah-langkah tersebut benar, maka hasilnya sudah tertentu pula. Contoh: menghitung jumlah gamet dengan 2, 6, dan 17 sifat beda.
3.2 Mengimplementasikan (Implementing): memilih dan menggunakan prosedur yang sesuai untuk menyelesaikan tugas yang baru. Contoh: Setelah menentukan besar konstanta pegas melalui percobaan, siswa dapat menentukan besarnya nilai konstanta pengganti pada suatu rangkaian pegas campuran.
4.    Menganalisis
Mengalisis dapat berupa menguraikan suatu permasalahan atau obyek ke unsur-unsurnya dan menentukan bagaimana saling keterkaitan antar unsur-unsur tersebut. Ada tiga macam proses kognitif yang tercakup dalam menganalisis: menguraikan (differentiating), mengorganisir (organizing), dan menemukan pesan tersirat (attributting).
4.1 Menguraikan (differentiating): menguraikan suatu struktur dalam bagian-bagian berdasarkan relevansi, fungsi dan penting tidaknya. Contoh: Siswa dapat menguraikan komponen-komponen gaya yang bekerja pada sebuah balok yang berada pada bidang miring.
4.2 Mengorganisir (organizing): mengidentifikasi unsur-unsur suatu keadaan dan mengenali bagaimana unsur-unsur tersebut terkait satu sama lain untuk membentuk suatu struktur yang padu. Contoh: Siswa dapat mengorganisir bagian-bagian dari motor listrik.
4.3 Menemukan pesan tersirat (attributting): menemukan sudut pandang, bias, dan tujuan dari suatu bentuk komunikasi. Contoh: Siswa dapat mengatribusikan perkembangan motor listrik yang dikembangkan oleh Ampere dan Faraday.
5.    Mengevaluasi
Membuat suatu pertimbangan berdasarkan kriteria dan standar yang ada. Ada dua macam proses kognitif yang tercakup dalam kategori ini: memeriksa (checking) dan mengritik (critiquing).
5.1 Memeriksa (Checking): Menguji konsistensi atau kekurangan suatu karya
berdasarkan kriteria internal (kriteria yang melekat dengan sifat produk tersebut).
Contoh: Memeriksa apakah kesimpulan yang ditarik telah sesuai dengan data yang ada.
5.2 Mengritik (Critiquing): menilai suatu karya baik kelebihan maupun
kekurangannya, berdasarkan kriteria eksternal. Contoh: menilai apakah rumusan
hipotesis sesuai atau tidak (sesuai atau tidaknya rumusan hipotesis dipengaruhi
oleh pengetahuan dan cara pandang penilai).
6.    Mencipta
Menggabungkan beberapa unsur menjadi suatu bentuk kesatuan. Ada tiga macam proses kognitif yang tergolong dalam kategori ini, yaitu: membuat (generating), merencanakan (planning), dan memproduksi (producing).
6.1 Membuat (Generating): menguraikan suatu masalah sehingga dapat dirumuskan berbagai kemungkinan hipotesis yang mengarah pada pemecahan masalah tersebut. Contoh: merumuskan hipotesis untuk memecahkan permasalahan yang terjadi berdasarkan pengamatan di lapangan.
6.2 Merencanakan (Planning): merancang suatu metode atau strategi untuk memecahkan masalah. Contoh: merancang serangkaian percobaan untuk menguji
hipotesis yang telah dirumuskan.
6.3 Memproduksi (Producing): membuat suatu rancangan atau menjalankan suatu rencana untuk memecahkan masalah. Contoh: mendesain (atau juga membuat) suatu alat yang akan digunakan untuk melakukan percobaan.

Asesmen  terhadap tujuan-tujuan pembelajaran dari dimensi pengetahuan berupa Pengetahuan Faktual, Konseptual, Prosedural, dan Metakognitif tidak akan terpisahkan dari dimensi proses kognitif. Untuk itu kita perlu menyertakan bagaimana pengetahuan-pengetahuan tersebut dapat digunakan dengan beragam proses kognitif.

Perumusan Tujuan
Sebuah rumusan tujuan pembelajaran, sesuai dengan taksonomi yang dikembangkan Anderson, mengklasifikasikan tujuan-tujuan yang terdiri dari satu kata kerja dan satu kata benda. Kata kerja (verb) mendeskripsikan  jenis ‘perilaku’ yang ingin dikuasai siswa, sementara kata benda (noun) mendeskripsikan jenis ‘pengetahuan’ yang ingin dicapai. Contoh sebuah tujuan pembelajaran yang memuat dua dimensi pengetahuan yang jelas.
Ada dua alternatif cara dalam merumuskan tujuan pembelajaran, yaitu membuat rumusan pembelajaran dan kemudian memetakan ke dalam matriks, atau dapat juga memetakan tujuan yang ingin dicapai ke dalam matrik terlebih dahulu baru diikuti membuat rumusan pembelajaran secara rinci.

Berikut contoh perumusan tujuan yang diikuti pemetaan dalam matriks taksonomi: Tujuan pembelajaran yang ingin dicapai adalah “Siswa dapat menggunakan Hukum Kekekalan Energi pada konteks yang tepat”. Kata ‘menggunakan’ merupakan kata lain dari mengiplementasi, dalam hal ini mengimplementasikan merupakan dimensi proses koginif level 03 (C3). Sementara ‘Hukum Kekekalan Energi’ merupakan jenis pengetahuan kontekstual. Kemudian kita sesuaikan dengan tabel Taksonomi pendidikan, maka tujuan pendidikan kita berada pada tanda yang diceklis merah

 Pernyataan tujuan pembelajaran (objectives) harus memiliki sifat yang dapat diukur (measurable) pada akhir pembelajaran, jika tidak maka guru tidak akan dapat menentukan keberhasilkan proses pembelajaran yang telah kita laksanakan. Asesmen adalah tonggak yang dapat memfasilitasi siswa dalam mengembangkan kemampuan berpikir mereka.

Untuk penjelasan lebih lengkap lagi mengenai taksonomi Anderson (Revisi Bloom), sebaiknya kamu kupas sendiri isi buku ini. Selain lebih tajam dan mendetail, kamu juga akan disuguhkan kasus-kasus sederhana yang dapat menambah wawasan kamu sebagai seorang calon instruktur. Dan lebih mudahnya lagi, sekarang bukunya sudah terbit dalam bahasa Indonesia (2001-2010 merupakan waktu yang panjang untuk bisa menikmati buku ini dalam bahasa Indonesia). Bisa dibilang ini buku wajibnya anak pendidikan. Selamat membaca!


Sumber:
  1. Anderson, W., L. Krathwohl (Editor),  (2010). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asessmen. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  2. Wiggins, G., & McTighe, J. (2005). Understanding by Design (2nd ed.). Alexandria, VA: Association for Supervision and Curriculum Development.
  3. UCONN. (tanpa tahun).  Asessment Primer: Goals, Objectives and Outcomes. [Online]. Tersedia:  http://www.assessment.uconn.edu/primer/goals1.html  (diakses pada tanggal 25 April 2014, pukul: 09.17 WIB).
  4. UCONN. (tanpa tahun).  Asessment Primer: Writing Instructional Objectives. [Online]. Tersedia:  http://www.assessment.uconn.edu/primer/objectives1.html  (diakses pada tanggal 25 April 2014, pukul: 17.04 WIB).


No comments:

Post a Comment